Rabu, 25 April 2012

WASPADA HAMA PENGGEREK BATANG PADI




Penggerek batang adalah hama yang ulatnya hidup dalam batang padi. Hama ini berubah menjadi ngengat berwarna kuning atau coklat; biasanya 1 larva

berada dalam 1 anakan. Ngengat aktif di malam hari. Larva betina menaruh 3 massa telur sepanjang 7-10 hari masa hidupnya sebagai serangga dewasa.

Massa telur penggerek batang kuning berbentuk cakram dan ditutupi oleh bulu-bulu berwarna coklat terang dari abdomen betina. Setiap massa telur mengandung sekitar 100 telur.


Siklus Hidup Penggerek Batang Padi


Mengapa penggerek batang harus dikendalikan?

Penggerek batang merusak pertanaman padi pada semua fase tumbuh, sejak persemaian sampai matang. Bila tanaman masih muda, anakan yang rusak berwarna coklat dan mati. Kondisi ini disebut sundep. Bila kerusakan terjadi pada fase pembentukan malai, maka malai berwarna putih dan disebut beluk.

Penggerek batang dapat menyebabkan merosotnya hasil padi karena anakan yang rusak oleh sundep tidak dapat menghasilkan gabah.

Lindungi agen pangendalian hayati

Untuk melindungi musuh alami penggerek batang, jangan gunakan pestisida berspektrum luas, mis. methyl parathion.

Sayat ujung helaian daun sebelum tanam pindah.

Telur-telur penggerek batang kuning diletakkan dekat ujung helaian daun. Dengan menyayat bibit sebelum tanam pindah, pengalihan telur dari persemaian ke sawah dapat dikurangi.

Tanam belakangan (sedikit terlambat) untuk menghindari ngengat penggerek batang kuning.

Varietas tahan

Beberapa varietas seperti PB36, PB32, IR66, dan IR77 mampu menghasilkan anakan baru sehingga mengkompensasi anakan yang mati.

Jemur atau hamparkan jerami di bawah sinar matahari untuk membunuh larva yang terdapat di situ.

Jaring larva penggerek batang pada daun yang mengapung dengan jaring.

Olah dan genangi sawah setelah panen.

Pengendalian kimiawi

Insektisida sistemik berbentuk granular seperti karbofuran, bensultap, bisultap, karbosulfan, dimehipo, atau fipronil yang masuk ke dalam tanaman, merupakan bahan kimia yang dapat mengendalikan penggerek setelah masuk ke dalam batang. Penyemprotan efektif untuk kupu-kupu.

Sebagaimana halnya dengan pestisida lainnya, keuntungan dari penggunaan insektisida harus mempertimbangkan risiko terhadap kesehatan dan lingkungan. Penggunaan insektisida yang tidak sesuai akan mengganggu keseimbangan alami karena terbunuhnya musuh alami hama penggerek batang, menyebabkan resurjensi atau ledakan serangan hama. Sebelum menggunakan pestisida, hubungi petugas perlindungan tanaman atau penyuluh untuk mendapatkan saran dan petunjuk.

Baca petunjuk yang tertera di label dengan teliti setiap sebelum pestisida digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar